Memohon Permintaan dan Mengikat Seutas Tali Dipohon Beringin, Wisata Pantai Batu Lamampu

Posted on

Pulau sebatik adalah nama sebuah pulau yang keberadaannya ada di sebelah timur kalimantan. Pulau ini, terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian utara dan selatan. Bagian utara meliputi wilayah negara bagian sabah dan malaysia. Pulau sebatik memiliki iklim panas dengan suhu rata-rata 27,8 dan suhu rendahnya 22,9 terjadi pada bulan agustus, dan suhu tertinggi 33,0 pada bulan april. Pulau ini menjadi salah satu prioritas utama pembangunan karena berbatasan langsung dengan negara tetangga. Bukan hanya itu, ternyata pulau sebatik memiliki objek wisata, yaitu pantai batu lamampu. Pantai ini dipercaya oleh penduduk setempatnya bahwa dengan mengikatkan seutas tali pada pohon dan menyebut nama orang yang diinginkan menjadi pendamping hidup akan dikabulkan.

 

Apa saja yang dapat dilakukan di pantai Batu Lamampu?
Pantai batu lamampu, yaitu sebuah pantai yang berada di kecamatan sebatik, kabupaten nunukan, provinsi kalimantan timur. Nama pantai menggunakan bahasa tidung yang maknanya batu timbul. Batu keramat lamampu seringkali menjadi tempat permohonan bagi para wisatawan. Di atas terumbu batu karang terdapat sebuah pohon beringin. Penduduk setempat wisata tersebut mempercayai bahwa dengan mengikatkan seutas tali pada pohon dan menyebut nama orang yang diinginkan menjadi pendamping hidup akan dikabulkan. Untuk sampai ke lokasi pantai batu lalampu harus menyeberangi laut terlebih dahulu ke dermaga mantikas, yang terletak di kecamatan sebatik barat dengan menggunakan perahu umum atau pribadi.
Pantai batu lalampu ini, pantainya bersih, bagus, panjang dan pasir semuanya. Memilik ombak yang deras karena berada di laut lepas. Selain pantai batu lalampu, di nunukan juga ada pantai, yaitu pantai eching. Sayangnya pantai ini kotor dan sempit. Sebab banyak jajanan yang berserakan di pantai.
Di pantai batu lalampu Anda bisa menikmati ikan bakar yang lezat. Jika Anda ingin bermalam, sebaiknya Anda mencari hotel di sungai nyamuk sebab harganya murah sekitar Rp 60.000 rupiah. Apalagi sekamar bisa beramai-ramai. Banyak penduduk setempat yang beraktivitas di pantai batu lalampu. Seperti bakar-bakar ikan, berfoto-foto dengan pemandangan pasir putih, serta ada juga yang berenang.
Demikianlah ulasan yang dapat kami informasikan untuk Anda, tentang pantai batu lalampu. Semoga menginspirasi waktu liburan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *