Momen Historis Batavia yang Nggak Boleh Terlewatkan di Kota Tua

Posted on

Apakah Anda pernah mendengar sebuah istilah “Jangan sekali-kali melupakan sejarah?” Kalimat yang telah diucapkan oleh Bung Karno supaya anak muda tidak pernah melupakan jasa para pahlawan. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk terus menghargai sejarah, yang salah satunya adalah dengan berkunjung ke tempat wisata bersejarah. Nah, buat Anda yang merupakan warga Jakarta atau pun wisatawan yang sedang berkunjung ke Ibu Kota, Kota Tua ini merupakan tempat wisata bersejarah yang wajib Anda kunjungi. Mengapa harus Kota Tua?

Ini sejarah Kota Tua yang harus diketahui
Kota Tua adalah kawasan penting di masa penjajahan dahulu, yang mana kawasan ini telah mencakupu sebagian wilayah Jakarta Barat dan Utara, dimulai dari pelabuhan sunda kelapa hingga ke museum bank Indonesia. Pada masanya, pelabuhan sunda kelapa ini adalah pelabuhan terbesar dan juga tersibuk yang telah dipakai sebagai tempat untuk kegiatan jual beli dalam perdagangan international. Sedangkan kawasan sekitar museum bank Indonesia dan juga museum fatahilah merupakan salah satu pusat pemerintahan kolonial.
Sama halnya seperti kawasan kota lama, dibeberapa kota yang ada di Indonesia bahkan dunia, Kota Tua Jakarta ini telah dimanfaatkan sebagai salah satu tempat wisata bersejarah dengan mengubah fungsi bangunan lamanya menjadi museum yang menyimpan banyak sekali informasi berharga mengenai sejarah kota.

Kira-kira ada apa sih di Kota Tua?
Dikarenakan cakupannya yang luas, sehingga kawasan Kota Tua Jakarta ini mempunyai beberapa objek wisata yang menarik, wajib Anda kunjungi demi mengenal sejarah, diantaranya :

Pelabuhan Sunda Kelapa
Apa yang menarik dari pelabuhan sunda kelapa? Pelabuhan kuno yang pernah dijadikan sebagai pelabuhan utama pusat perdagangan international ini jadi saksi kejayaan Jakarta atau pun batavia di masanya. Konon dulunya pelabuhan ini cukup ramai dengan pedagang asal China, Arab, dan juga India yang sibuk untuk menjual barang dagangannua untuk ditukarkan dengan uang atau pun rempah-rempah. Sangking tuanya, pelabuhan ini bahkan diklaim telah beroperasi sejak Jakarta didirikan. Tempat ini juga jadi saksi kejayaan kerajaan pajajaran, kedatangan bangsa protugal, menjadikan kehidupan makmur kerajaan demak, hingga masa-masa dimulainya kekuasaan Belanda yang ada di indonesia.
Lain dahulu dan lain sekarang ini. Sekarang pelabuhan ini telah dijadikan sebagai tempat parkir kapal para nelayan setempat. Tetapi, bukan berarti hal ini akan membuat pelabuhan sunda kelapa jadi kurang menarik, waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat wisata ini adalah pada saat sore hari menjelang senja. Siluet kapal-kapal para nelayan yang berpadu dengan cahaya jingga akan jadi objek foto yang sangat menarik dan cantik untuk dikenang.

Museum Fatahilah
Museum ini juga dikenal dengan nama museum sejarah Jakarta atau museum batavia. Terdiri atas tiga lantai, museum ini mempunyai tidak kurang dari 25.000 koleksi benda yang bersejarah. Sangat pas sekali dikunjungi buat Anda yang ingin sekadar melihat keramik, furniture, prasasti, meriam, dan juga artefak unik lainnya yang juga sudah mengiringi perkembangan kota Jakarta.

Museum Bank Indonesia
Museum bank Indonesia ini adalah salah satu objek wisata yang banyak menarik perhatian wisatawan. Bangunan tempat museum yang berdiri dulunya adalah binnen hospital, akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, sehingga berdirinya de javasche bank di tahun 1828, atau yang nanti akan jadi cikal bakal bank Indonesia.

Toko merah
Destinasi lainnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah toko merah. Baron Van Imhoff seorang gubernur jendral VOC dan juga penggagas bangunan istana Bogor adalah sosok yang telah mendirikan tempat unik satu ini. Begitu masuk ke dalamnya, Anda akan menemukan suasana dan juga perabotan di jaman kolonial yang masih begitu terjaga orisinalitasnya hingga sekarang ini.
Tetapi sayangnya, untuk bisa memasuki tempat ini tidaklah mudah, statusnya yang tidak terbuka untuk umum, membuat Anda harus mengantongi izin khusus terlebih dahulu dari pihak berwajib. Tetapi bila hanya ingin sekadar berfoto dan juga menikmati suasana kuno yang ada di sekitarnya, Anda dapat berkeliling di kawasan sekitar bangunan tersebut.
Itulah tadi sekilas tentang momen historis batavia yang tidak boleh terlewatkan di Kota Tua. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan menginspirasi liburanmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *